Sunday, November 30, 2014

5 Jenis Batik


1. Motif Sawat
Sawat Berarti Melempar. dahulu kala orang jawa percaya dengan para dewa sebagai kekuatan yang mengendalikan alam semesta. Salah satu dewa tersebut adalah Batara Indra. Dewa ini mempunyai senjata yang disebut wajra atau bajra, yang berarti kilat.senjata pusaka tersebut digunakan untuk melempar. Senjata pusaka Wjra ini diwujudkan ke dalam motif batik berupa sebelah sayap dengan harapan agar si pemakai akan selalu mendapatkan pelindungan dalam kehidupannya.
2. Motif Gurda

Gurda berasal dari kata Garuda. Dalam pandangan masyarakat jawa, Burung Garuda mempunyai kedudukan yang sangat penting. bentuk motif Gurda ini terdiri dari 2 buah sayap dan di tengah-tengahnya terdapat ekor dan badan.Motif gurda ini juga tidak lepas dari kepercayaan masalalu. garuda merupakan tunggangan Batara wisnu. oleh masyarakat jawa, garuda selain sebagai simbol kehidupan juga sebagai simbol kejantanan.
3. Motif Meru

Kata Meru berasal dari gunung Mahameru. gunung ini dianggap sebagai tempat tinggal bagi Tri Murti, yaitu Sang Hyang Wisnu, Sang Hyang Brahma dan Sang Hyang Siwa. Tri murti dilambangkan sebagai sumber dari segala kehidupan, sumber kemakmuran dan segala kebahagiaan hidup di dunia. meru digunakan sebagai kain motif batik agar si pemakai selalu mendapatkan kemakmuran dan kebahagiaan.





4. Motif Semen

Kata semen berarti semi atau tunas. Motif ini masih berhubungan dengan motif meru. konon dipuncak gunung mahameru terdapat tunas atau tumbuhan yang selalu bersemi. diantara pepohonan tersebut terdapat pohon-pohon yang dianggap keramat, yaitu pohon sandilata, pohon jambuwreksa, pohon acwata. pohon-pohon tersebut dianggap sebagai simbol kehidupan manusia di dunia.ketika dijadikan motif batik diharapkan agar si pemakai selalu dapat berhubungan dengan sang maha pencipta.

5. Motif Bango-Tulak

Motif ini terdiri dari dua warna hitam dan putih. dalam sejarah batik motif ini dianggap sebagai motif tertua. nama bango-tulak berasal dari nama burung, yaitu burung tulak. burung ini berwarna hitam dan putih. burung ini dianggap sebagai lambang umur panjang. warna hitam artinya lambang kekal, sedang warna putih artinya lambang hidup. jadi hitam putih melambangkan hidup kekal.

6. Motif Sindur

Sindur merupakan motif batik dengan dominasi warna merah dan putih. warna merah terdapat pada bagian tengah, dan putih pada bagian pinggir, membentuk gelombang. kedua warna tersebut melambangkan asal mula kehidupan. warna putih mengandung arti hidup sedang merah artinya suci.oleh karena itu motif ini sering dipakai dalam upacara pernikahan. pemakaian sindur dimaksudkan mempertemukan laki-laki dan perempuan sebagai cikal bakal kelahiran hidup di dunia.

0 comments:

Post a Comment